Jumat, 12 Desember 2008

Light Setting


Light Setting
Untuk keperluan suatu scene shooting / syuting, diperlukan penataan lampu yang memadai. Dalam tata lampu dikenal beberapa titik sumber cahaya.

Pertama adalah key light, atau cahaya utama.
Key-light dipakai untuk menerangi objek dan memberikan bayangan. Keylight ditempatkan 30-40 derajat diatas, depan obyek dan 20-40 derajat di kiri atau kanan kamera.

Kedua adalah fill light, atau cahaya pelembut.
Fill-light ditempatkan pada tinggi yang sama dengan keylight di seberang kamera. Gunanya agar bayangan yang timbul dari keylight terlihat lebih lembut. Intensitas fillight antara 40-100% keylight.

Ketiga adalah side light, atau cahaya samping.
Sidelight ditempatkan 0-30 derajat diatas objek, antara 40-80 derajat di kiri dan kanan kamera. Berguna sama dengan fillight. Intensitas side-light antara 40-70 persen keylight.

Keempat adalah Back light atau cahaya belakang.
Backlight ditempatkan dibelakang obyek antara 30 derajat di kiri dan 30 derajat di kanan camera [menghadap camera]. Tinggi back-light sama dengan keylight dan fillight. Gunanya untuk memisahkan obyek dengan background dan obyek agar terlihat lebih 3 [tiga] dimensi.

Kelima adalah Background light atau cahaya background.
Background-light digunakan untuk menerangi background agar terlihat lebih terpisah dengan objek.

Keenam ialah Chromakey light.
Kromakey light sama dengan background light. Bila backgroundlight berwarna putih [daylight / bukan tungsten], kromakey berwarna antara hijau sampai biru. Dan seperti namanya, cahaya ini digunakan untuk proses Chroma atau Lumakey untuk Virtual Studio atau set virtual.

Teknik pencahayaan studio indoor lebih gampang diatur daripada outdoor. Untuk indoor cukup mengandalkan lampu saja, set sudah dapat dibentuk. Outdoor take, lebih susah karena harus mempertimbangkan letak matahari. Kadang kala matahari terletak tepat dibelakang background, didepan kamera!! Voila!!! Untuk mensiasati arsitektur ini, kadang key-light dan penggunaan beberapa reflector / reflektor sudah cukup!

SELAMAT MENCOBA!!!!

Brands
Compulite, Spotlight Sintesi, ndj, zoom samurai, Abstract Extreme, Robe, Soundlab light, showtec, ryger, LyteQuest, Lazer, Par56 Lanturn, jem, RubberBox, KAM, Apollo LED Laser, Starcloth, Impact, Giotto.

Tidak ada komentar: